Definisi Project Management
1.1 Definisi Project
Project merupakan kegiatan sementara dengan tujuan untuk menciptakan produk spesial ( unique product ), servis ( layanan / jasa ) atau hasil / efek tertentu dan di tetapkan awal pekerjaanya dan waktu selesainya. Project berakhir jika tujuanya tercapai atau jika di batalkan karena tujuanya tidak terpenuhi atau jika tujuan project tersebut tidak lagi di butuhkan.
Sedangkan Operation merupakan aktivitas terus menerus dan berulang. Dalam operation kegiatanya berkelanjutan tanpa ada ketentuan waktu berhenti dan mengulang proses yang sama.
1.2 Definisi Project Management
Project Management merupakan aplikasi dari pengetahuan ( knowledge ), skills, tools & technique dalam suatu project untuk memenuhi tujuanya. Tantangan dalam Project Management yaitu mencapai tujuan dengan batasan ruang lingkup ( scope ), waktu (time ) dan biaya ( cost ) atau disebut Project Management Triangle
Proses Dalam Project Management
Merupakan proses untuk memastikan keefektifan flow project sesuai langkah yang harus di selesaikan.
1.1 Initiating
Proses definisi project baru atau phase baru dari project yang telah dilakukan.
– Analisa kebutuhan bisnis atau masalah yang akan di selesaikan
– Analisa financial
– Stakeholder termasuk juga user & team project
– Rangkuman milestone schedule
1.1 Planning
Pembuatan lebih detail tentang project management plan dan project document
– Scope project
– Project planning & activity
– Estimasi budget
– Project team
– Identifikasi resiko
– Procurement planning
– Contract & supplier
1.1 Executing
Merupakan proses pelaksanaan dari aktifitas dalam project plan. Dalam project execution dilakukan juga update bebarapa hal jika diperlukan misalnya planning, resource & resiko yang tidak terantisipasi
– Pelaksanaan & manage project plan
– Koordinasi team & resource
– Manage stakeholder expectation
– Deliverable information
1.1 Monitoring & Controlling
Proses pengukuran dan analisa terhadap performa project dalam interval tertentu untuk melihat variasinya terhadap project management plan.
– Pengontrolan terhadap perubahan dan rekomendasi untuk preventive & corrective action pada kemungkinan masalah yang muncul
– Monitoring project yang sedang berjalan VS project management plan.
– Mempengaruhi faktor yang dapat mencegah proses integrasi dalam project sehingga project management plan dapat di implementasikan dengan baik.
1.1 Closing
– Formal acceptance dari project dan dokumentasinya
– Penutupan kontrak dengan supplier
– Pembubaran team
– Laporan terhadap stakeholder
– Post implementation review untuk mengukur keberhasilan project dan menjadi pelajaran di project mendatang
Project Management Institute
Project Management Institute ( PMI ) adalah organisasi non profit untuk profesi project management yang membuat standar, penelitian, edukasi, publikasi dan training tentang project management. Salah satu terbitan dari PMI adalah A Guide to the Project Management Body of Knowledge (PMBOK® Guide) telah di akui oleh American National Standard Institute ( ANSI ). Sertifikasi pertama yang di keluarkan PMI adalah PMP yang mendapat akreditasi ANSI/ISO/IEC 17024.
Sertifikasi yang dikeluarkan oleh PMI antara lain :
– Certified Associate in Project Management (CAPM)
– Project Management Professional (PMP)
– Program Management Professional (PgMP)
– PMI Agile Certified Practitioner (PMI-ACP
– PMI Risk Management Professional (PMI-RMP)
– PMI Scheduling Professional (PMI-SP)
Daftar Pustaka
A Guide to The Project Management Body of Knowledge (PMBOK® Guide) Fifth Edition, Project Management Institute, Inc, 2013, Pennsylvania USA
Heldman, Kim, PMP : Project Management Professional Exam Study Guide 5th Edition, Wiley Publishing, 2009, Indiana
Sanghera,Dr. Paul Sanghera, PMP® Exam In Depth, Second Edition : Project Management Professional Study Guide for the PMP® Exam, Course Technology, 2010, Boston USA